Analisa Statistik Gangguan Akibat Sambaran Petir Yang Terjadi Pada Saluran Transmisi di PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Semarang

Main Article Content

Hariadi Fitrianto
Ahmad Mubarok
Khairizvan Edwar

Abstract

Indonesia merupakan kawasan beriklim tropis yang mendapatkan curah hujan di sepanjang tahun. Curah hujan yang besar juga selaras dengan peningkatan sambaran pertir yang dapat berpengaruh terhadap sistem tenaga listrik. Sambaran petir menimbulkan gnagguan pada sistem kelistrikan secara temporer maupun permanen dimana akan mempengaruhi keandalan pasokan listrik ke konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan analisis sambaran petir dengan data sambaran dan gangguan akibiat petir pada saluran udara tegangan tinggi 150 kV dan saluran udara tegangan ekstra tinggi 500 kV yang terjadi pada periode tahun 2018 hingga tahun 2022. Hasil data selama 5 tahun tersebut dioah untuk dilihat kesamaan atau ketidaksamaan trend yang timbul setiap tahunnya. Langkah selanjutnya dilakukan prediksi dari gangguan sambaran petir beberapa tahun kedepan. Seiring dengan peningkatan gangguan setiap tahunnya dibutuhkan juga effort lebih untuk penerapan dan pemasangan alat proteksi gangguan petir di sistem ketenagalistrikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Fitrianto, Ahmad Mubarok, and Khairizvan Edwar, “Analisa Statistik Gangguan Akibat Sambaran Petir Yang Terjadi Pada Saluran Transmisi di PLN Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Semarang”, JUKE, vol. 1, no. 2, pp. 145–156, Dec. 2023.
Section
Articles